Selasa, 02 Januari 2018

Elemen dalam Memilih Bahan Bacaan yang Baik

Elemen dalam Memilih Bahan Bacaan yang Baik

1 Tingkat kemampuan membaca

2 Konten bacaan yang sesuai dengan tahap perkembangan psikologis

Contoh Buku

1) Pembaca Awal: (usia dini (0-3 tahun) – Batita 

* Informasi sangat sederhana; materi mencakup lingkungan  seputar lingkungan terdekat anak.
* Cerita mengandung semangat optimisme bersifat inspiratif.
* Cerita mengandung pesan moral yang disampaikan dengan tidak menggurui.
* Ilustrasi sangat sederhana.
* Gambar berkaitan langsung dengan objek tulisan.

2) Pembaca Awal Usia dini (>3-6 tahun) – Pra-SD

* Peserta didik dapat dilibatkan untuk memilih buku.
* Cerita mengandung informasi sangat sederhana.
* Cerita mengandung nilai optimisme dan bersifat inspiratif.
* Buku mengandung pesan moral yang disampaikan dengan tanpa menggurui.
* Ilustrasi memiliki alur yang sederhana dan mudah dipahami (tenaga pendidik dapat melakukan picture walk, yaitu menerangkan alur ilustrasi tanpa bantuan teks).

3) Pembaca Pemula : Pemula Usia dasar (>6-9 tahun) – SD/MI/SLB kelas rendah

* Peserta didik dapat dilibatkan  dalam pemilihan buku.
* Buku mengandung informasi yang sederhana.
* Cerita mengandung nilai optimisme, bersifat inspiratif, dan mengembangkan imajinasi.
* Buku mengandung pesan moral yang disampaikan tanpa menggurui.
* Ilustrasi memiliki alur yang mudah dipahami, dan dapat bersifat imajinatif.
* Teks tidak perlu mengulangi apa yang sudah digambarkan oleh ilustrasi.            

4) Pembaca Pemula : Usia dasar (>9-12 tahun) – SD/MI/SLB kelas tinggi

* Buku dipilih oleh peserta didik secara mandiri.
* Buku mengandung informasi yang sederhana.
* Cerita mengandung nilai optimisme, bersifat inspiratif, dan mengembangkan imajinasi.
* Buku mengandung pesan moral yang disampaikan tanpa menggurui.
* Ilustrasi memiliki alur yang baik dan dapat bersifat imajinatif.
* Ilustrasi berfungsi untuk melengkapi alur cerita.


5) Pembaca Madya : Remaja (>12-15 tahun) – SMP/MTs

* Buku memiliki teks yang padat namun mudah dicerna.
* Cerita mengandung informasi yang kaya, mengandung nilai optimisme, bersifat inspiratif, dan mengandung nilai moral yang disampaikan dengan tanpa menggurui.
* Buku mengandung nilai-nilai yang relevan dan sesuai dengan tahap psikologis remaja muda.
* Ilustrasi berfungsi sebagai pelengkap buku.
* Ilustrasi dapat bergaya sangat imajinatif, surealis, dan bersifat simbolis.

6) Pembaca Tingkat lanjut ( advance): Dewasa muda (>15- 18 tahun) – SMA/SMK/MA

* Buku memiliki teks yang padat namun mudah dicerna.
* Cerita mengandung informasi yang kaya, mengandung nilai optimisme, bersifat inspiratif, dan mengandung nilai moral yang disampaikan dengan tanpa menggurui.
* Buku dapat mengeksplorasi daya nalar kritis pembaca remaja.
* Buku mengandung nilai-nilai yang relevan dan sesuai dengan tahap psikologis remaja.
* Buku tidak selalu membutuhkan ilustrasi.

Daftar pertanyaan untuk memilih bahan bacaan yang baik

Daftar Pertanyaan untuk Memilih Bahan Bacaan
Pertanyaan
Cek
Penampilan, Material, dan Kualitas Cetak
1. Apakah buku terbuat dari material dengan kualitas yang baik?
2. Apakah buku terjilid dengan baik dan tidak mudah robek?
3. Apakah ukuran huruf sesuai dengan usia dan kemampuan membaca anak?
4. Apakah desain dan tata letak sesuai dengan usia dan tingkat pemahaman pembaca target?

Bahasa
1. Apakah bahasa yang digunakan adalah bahasa baku yang mudah dipahami?
2. Apakah bacaan ditulis dengan estetika yang baik (dengan elemen figuratif sesuai usia seperti rima, dll.), sehingga mengembangkan kecerdasan berbahasa pembaca target?
3. Apakah kosakata tidak mengandung istilah yang terlalu spesifik dan rumit (tanpa petunjuk gambar) atau vulgar dan melecehkan suatu kelompok tertentu?
4. Apakah kosakata yang sulit diperkenalkan melalui penjelasan dalam konteks kalimat atau bantuan ilustrasi yang mendukung?

Buku Berilustrasi
1. Apakah ilustrasi dibuat dengan baik dan menarik minat anak?
2. Apakah ilustrasi dibuat dengan menghindari stereotip atau pelecehan terhadap kelompok tertentu?

Buku Fiksi
1. Apakah cerita ditulis secara menarik dan sesuai dengan tingkat pemahaman pembaca target?
2. Apakah cerita tidak mengandung stereotip atau pelecehan secara eksplisit atau implisit terhadap kelompok tertentu?
3. Apakah cerita tidak mengandung materi yang tidak layak dari segi moral dan budaya?

Buku Non-fiksi Pengayaan dan Buku Teks Pelajaran
1. Apakah buku memiliki fitur yang membantu anak untuk memahami informasi? (gambar, foto, keterangan gambar/foto, glosari, diagram, tabel, glosari, dll.).
2. Apakah informasi yang disajikan akurat?
3. Apakah informasi yang disajikan sesuai dengan usia pembaca target?
4. Apakah informasi yang disajikan mewakili perspektif yang beragam?
5. Apakah informasi disajikan dalam bahasa dan istilah yang dapat dipahami oleh pembaca target?
6. Apakah informasi sesuai dengan nilai moral budaya dan tingkat pemahaman pembaca target?

0 komentar:

Posting Komentar